PROGRAM PERBAIKAN KAMPUNG (KIP)



Permasalahan kualitas lingkungan merupakan hal yang sangat krusial dari suatu permukiman. Hal ini karena kualitas lingkungan yang rendah akan berdampak buruk bagi masyarakat, karena manajemen sanitasi yang tidak dapat berjalan dengan baik sehingga berpotensi terjadinya penularan penyakit akibat kondisi prasarana seperti drainase, ketersediaan air bersih, pengelolaan persampahan, maupun kondisi jalan yang belum memadai.

Dalam mengatasi hal ini, Indonesia memiliki program KIP (Kampung Improvement Program) atau disebut juga dengan Program Perbaikan Kampung merupakan program peningkatan infrastruktur dan kualitas hunian komunitas. Program ini mulanya dibentuk oleh Pemerintah Belanda di Indonesia dengan isitilah kampung verbetering sebelum masa kemerdekaan. Namun sekarang, Program Perbaikan Kampung telah mengalami pengembangan dan tetap diterapkan untuk memperbaiki atau menambah kualitas lingkungan permukiman di Indonesia. Adapun untuk saat ini, daerah yang mendominasi terhadap diberlakukannya Program Perbaikan Kampung (KIP) ini ialah di Jakarta dan Surabaya.

Program Perbaikan Kampung dibentuk untuk melakukan penataan terhadap kampung yang memiliki kualitas lingkungan yang rendah (kawasan kumuh). Penekanan dari program ini lebih menitik beratkan pada pembangunan fisik dan infrastruktur suapaya mampu menjadikan lingkungan yang nyaman dan layak huni oleh masyarakat. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membangun pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan peduli terhadap lingkungan, baik secara individual maupun komunal yang tingga dalam lingkungan tersebut.

Studi ini akan membahas mengenai Program Perbaikan Kampung yang diberlakukan di Kampung Tongkol yang merupakan kawasan kumuh dipinggiran kali ciliwung Jakarta Utara, dan Kampung Kebalen di Surabaya yang berpotensi menjadi kawasan kumuh akibat kepadatan penduduk dan kualitas lingkungannya yang masih kurang memadai. Selain itu, studi ini pula akan mengidentifikasi pengembangan program perbaikan yang diterapkan untuk kawasan industri PuloGadung di Jakarta Timur.

Berikut adalah Program Perbaikan Kampung (Kampung Improvement Program) yang disusun dalam perkuliahan Perumahan dan Permukiman Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Syiah Kuala oleh Zahlul Nugraha Meutuah, Meri Mauliza, Nurul Maulidia, Dea Rezkika Ananda Isti, Sinta Aulia Arohma H, Habib Quraisyi, Wafi Shiddiq dan Aqshal Lubis.

0 Comments