ANALISIS PERUNTUKAN DAN KESESUAIAN LAHAN DI KAWASAN JALAN TEUKU NYAK ARIEF KOTA BANDA ACEH (SIMPANG MESRA-GERBANG KOPELMA DARUSSALAM)



Lahan adalah permukaan bumi tempat berlangsungnya berbagai aktivitas dan merupakan sumber daya alam yang terbatas, yang penggunaannya memerlukan penataan, penyediaan, dan peruntukan yang sesuai dengan permintaan-bantuan untuk kepentingan masyarakat (Sugandhy dalam Pangarso 2001: 6). Selaras dengan perkembangan kota dan aktivitas penduduknya, dalam menentukan peruntukan lahan di suatu wilayah, haruslah didasari oleh ilmu perencanaan tata guna lahan. Supaya tidak terjadi ketimpangan antara tata guna lahan terhadap aktivitas penduduk dan lingkungannya.
Adapun Land use planning atau disebut juga dengan perencanaan tata guna lahan merupakan upaya untuk mengatur penggunaan lahan secara rasional agar tercipta keteraturan dalam penggunaan tanah berdasarkan pengaturan kelembagaan yang berkaitan dengan pemanfaatan tanah. Meskipun peraturan dalam penataan ruang dan peruntukan lahan telah diatur dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), namun masih terdapat oknum publik yang seolah lalai terhadap peraturan tersebut. Sehingga, terjadilah penataan ruang dan peruntukan lahan yang tidak sesuai dengan fungsi seharusnya dan menyalahi aturan penataan ruang di suatu wilayah.
Berkaitan dengan isu kesesuaian dalam peruntukan lahan dalam Land use planning ini, kawasan di sepanjang Jl. Teuku Nyak Arief (Simpang Mesra hingga gerbang Kopelma) menjadi objek penelitian dalam studi ini untuk melihat kondisi eksisting peruntukan lahan serta meninjau kesesuaian antara kondisi eksisting tersebut dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Secara umum, kondisi lapangan menyatakan bahwa sebagian besar peruntukan lahan di sepanjang Jl. Teuku Nyak Arief (Simpang Mesra hingga gerbang Kopelma) digunakan untuk perdagangan dan jasa. Studi akan mengidentifikasi konsep peruntukan lahan yang telah terjadi di sepanjang Jl. Teuku Nyak Arief (Simpang Mesra hingga gerbang Kopelma), kemudian menganalisa kesesuaiannya dengan RTRW Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil analisa, studi ini juga akan memberikan rekomendasi berkaitan Permasalahan kesesuaian lahan di Jl. Teuku Nyak Arief (Simpang Mesra hingga gerbang Kopelma).
Berikut adalah Analisis Peruntukan Dan Kesesuaian Lahan Di Kawasan Jalan Teuku Nyak Arief Kota Banda Aceh (Simpang Mesra-Gerbang Kopelma Darussalam) yang disusun dalam perkuliahan Perumahan dan Permukiman Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Syiah Kuala oleh Cut Tasya Irayana, Nurul Maulidia, Wafi Shiddiq dan Siti Nurul Izza.

0 Comments